Selasa, 03 Mei 2011

Mengatasi Error rundll32.exe

Rundll32.exe adalah bagian dari OS Windows yang bertanggung jawab untuk menjalankan DLL dan menempatkan libraries dalam memori. Proses rundll32.exe dikenal sebagai program utilitas command line, dan melakukan fungsinya terintegrasi bersama dengan file rundll.exe. Rundll32.exe bekerja dengan menerapkan suatu fungsi yang diekspor dari modul DLL yang spesifik yaitu 16bit atau -32-bit. Proses rundll32.exe adalah pengembangan dari Run DLL.
Fungsi rundll32.exe merupakan program internal yang digunakan oleh Windows untuk menjalankan program-program internal lainnya yang belum dikenal sebagai DLL (dynamic link libraries) yang dibutuhkan oleh sistem operasi dan program-program anda (misalnya Word, Outlook, Internet Explorer, OpenOffice, Opera, Firefox, atau apapun agar berfungsi). Program-program seperti ini dibebankan kepada DLL dan dibawah ke dalam memori dan kemudian memicu fungsi tertentu dari modul DLL.
Alasan di balik error rundll32.exe banyak dan beragam. Bagaimana mereka datang ? kapan? Bagaimana cara menyingkirkan mereka? Ini semua adalah pertanyaan yang sangat baik untuk ditanyakan. Sayangnya, tidak ada jawaban yang sederhana.
Bagaiman rundll32.exe bisa error ?
Error rundll32.exe sering disebabkan ketika Windows mencoba untuk memuat file tetapi tidak dapat melakukannya. Sebuah pesan yang menunjukkan bahwa telah terjadi kesalahan rundll32.exe biasanya muncul pada layar komputer.
Error rundll32.exe bisa berasal dari sejumlah sumber termasuk virus, trojan, spyware, atau kesalahan drive. Sebuah instalasi yang gagal, yang belum selesai atau tidak menginstall dengan benar, juga bisa menjadi akar masalah. Terlebih lagi, uninstall program yang telah dilakukan secara tidak benar atau tidak lengkap juga dapat menjadi penyebab kesalahan rundll32.exe. Selain itu, spyware yang tidak terdeteksi mungkin bertanggung jawab atas kesalahan rundll32.exe terjadi pada komputer Anda.
Bagaiman cara mengatasi Error rundll32.exe ?
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.
  1. Coba lakukan cara sederhana seperti mereboot PC Anda, jika Error rundll32.exe masih terjadi mungkin Anda harus melakukan cara berikutnya.
  2. Jika kesalahan rundll32.exe telah terjadi karena salah uninstall, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah untuk sepenuhnya mengulang uninstall. Dengan cara menginstall kembali program yang mengalami uninstall secara tidak benar, lalu meng-uninstall kembali program tersebut secara lengkap dan benar. Anda bisa menggunakan Aplikasi uninstaller seperti Your unistaller, Revo Unistaller dan aplikasi lain sejenisnya untuk melakukan uninstall tersebut.
  3. Gunakan software utility untuk memperbaiki, banyak software utility yang handal dalam memperbaiki registry yang error. Software tersebut seperti RegCure Registry Cleaner, Tune up Utility atau yang lainnya.
  4. Lakukan Scan dengan Antivirus yang handal dan up to date untuk memperbaiki infeksi yang disebabkan oleh virus tersebut. Namun, jika sebuah file rundll32.exe hilang atau rusak yang menyebabkan masalah, coba dulu mencari file rundll32.exe di folder C:Windowssystem32dllcache. Jika masih ada di sana, silakan copy dan pindahkan ke lokasi C:Windowssystem32.
  5. Jika dalam folder dllcache juga tidak ada, silakan cari di C:WindowsSericePackFilesi386 dan copy ke tempat C:Windowssystem32.
  6. Jika cara-cara tersebut belum juga bisa mengatasi. Mungkin Anda harus melakukan Install Repair atau Install ulang.
Anda juga bisa mengambil file rundll32.exe dari CD installer Windows. Jika memang file rundll32.exe benar-benar hilang. Lakukan cara berikut ini.
1. Masukkan disk installer Windows kedalam CD/DVD ROM drive.
2. Klik [Start] dan pilih [Run].
3. Ketik; [expand f:i386rundll32.ex_ c:windowssystem32rundll32.exe] dalam box Run tadi lalu tekan [Enter] maka proses peng-copy-an akan berjalan.
4. Setelah proses 3 diatas selesai, reboot computer anda dan tes hasilnya.
5. Proses selesai dan masalah teratasi.

1 komentar:

  1. memang harus manual yh Kaka ngapus neh virus...
    Thanx kaka..

    BalasHapus