Selasa, 03 Mei 2011

Mengatasi Pesan Error Hal.dll Is Missing Pada Windows

Suatu ketika ada teman saya ketika setelah mengisntal kompinya XP lewat FD ternyata ada pesan “windows windows could not start because the following file is missing or corrupt:sytem32/hal.dll” Wah kenapa tuh padahal selama saya mengisntal XP berkali2 gak pernah begitu???? mau tau cara mengatasinya ternyata gampang gak perlu instal ulang ternyata… Apa sebenarnya Hal.dll itu dan bagamana mengatasi masalah Windows terkait dengan file ini?





Yuk tanpa banyak basa basi lagi langsung aja yach Check it Out!!

Pengertian HAL
HAL adalah produk Microsoft, singkatan dari Hardware Abstraction Layer, teknologi dan driver yang mampu membuat Windows NT, 2000, dan XP berkomunikasi dengan Hardware PC. HAL adalah salah satu fitur dari Sistem File NT (NTFS) yang menggantikan teknologi MS-DOS yang sudah sangat kuno. Fitur inilah yang menjadikan sistem operasi berbasis NT menjadi lebih aman dan handal dibandingkan Windows 95, 98 dan Me.
HAL mengatur dan mengkondisikan aplikasi sehingga tidak mengakses memori PC, CPU dan hardware lain secara langsung. Dencan cara ini Windows akan mengurangi potensi konflik hardware dan crash. Sayangnya, HAL terkadang justru memperlambat bahkan menghentikan game-game dan program DOS yang secara default memerlukan akses hardware dan memori agar berjalan lebih lancar.
Sejak versi XP, Windows juga menawarkan fitur Compatibility Mode yang ditujukan untuk membantu pengguna menjalankan program yang berjalan dalam versi sebelumnya. Namun, sebagian besar program dan game berbasis DOS bahkan beberapa program Windows tetap tidak berjalan lancar di sistem operasi XP.  Biasanya, ketika ada masalah yang berkaitan dengan HAL, Windows akan memunculkan salah satu pesan di bawah ini.
  • Windows could not start because the following file is missing or corrupt:
    \System32\hal.dll
    Please re-install a copy of the above file.
  • windows_root\System32\hal.dll missing or corrupt:
    Please re-install a copy of the above file.
  • Windows could not start because of a computer disk hardware configuration problem.
    Could not read from the selected boot disk. Check boot path and disk hardware.
    Please check the Windows documentation about hardware disk configuration and your hardware reference manuals for additional information.
Sebab
Hal ini terjadi karena file HAL.dll hilang atau rusak, atau karena konfigurasi sistem telah berubah dan Windows sehingga windows mengajukan protes karena ada sesuatu yang tidak ada pada tempat yang seharusnya.
Solusi
Microsoft telah menyertakan perangkat (tool) yang disebut sebagai Recovery Console sejak Windows 2000 dan Windows XP. Tool inilah yang bisa kita pakai untuk mengembalikan posisi HAL.dll pada tempatnya. Untuk itu, Anda akan memerlukan CD Instalasi Windows. Selanjutnya ada dua cara yang bisa ditempuh dan keduanya sama-sama menggunakan Microsoft Windows Recovery Console berikut:
  • Hidupkan PC dan masukkan CD Windows (apabila menggunakan USB Bootable tancapkan usb saat kompi mati)
  • Setting BIOS untuk booting lewat CD terlebih dahulu (kalo USB Pilih USB yach)
  • Ketika ada konfirmasi, tekan sembarang tombol untuk masuk ke mode Instalasi
  • Saat layar instalasi sudah muncul, pilih R.




  • Masukkan nomor sesuai dengan Instalasi Windows yang akan direparasi (biasanya nomor 1), kemudian tekan [ENTER]
  • Ketika ditanya, silakan masukkan password Administrator, akhiri dengan [ENTER] (kalo g ada passwordnya langsung aja tekan enter)


 
  • Sampai di sini ada 2 Cara restorasi yang bisa Anda pilih:
Cara 1
Pada command prompt, ketik baris perintah berikut ini:
ATTRIB -H -R -S C:\BOOT.INI [ENTER]
DEL C:\BOOT.INI [ENTER]
BOOTCFG /REBUILD [ENTER]
FIXBOOT [ENTER]


Keterangan:
C:\ adalah asumsi abjad Windows drive Anda. Jika Windows drive Anda berbeda, silakan ganti dengan abjad yang tepat jika hardware Anda berbeda.
Selanjutnya, keluarkan CD  atau Cabut FDnya dan Restart komputer.
Cara 2
Ulangi proses booting menggunakan Recovery console sehingga Anda masuk ke mode pengetikan.
Dalam command prompt, silakan ketik baris perintah di bawah ini:
EXPAND D:\I386\HAL.DL_ C:\WINDOWS\SYSTEM32\HAL.DLL [ENTER]

Keterangan:
D:\ adalah CD/DVD drive Anda. Silakan ganti jika hardware Anda berbeda.
C:\ adalah abjad Windows drive Anda. Jika Windows drive Anda berbeda, silakan ganti dengan abjad yang tepat jika hardware Anda berbeda.
 








Jangan lupa setelah itu Restart komputer, semoga pesan error Hal.dll sudah hilang.
Nah gampang kan caranya, Oke dech sekian dulu Yach Mau brangkat ke kampus dulu
TAMBAHAN FAQ:
ketika expand hal.ex_, muncul pesan unable to create file hal.dll, padahal sudah login sebagai admin.???
#1 Pastikan Anda sudah masuk recovery console, bukan via booting Windows/GUI.
#2 Kata kuncinya adalah file HAL.DL_, file yang akan ditimpakan di file HAL.DLL yang sudah rusak. Sebelum Anda memasukkan perintah expand, cek dulu keberadaan file HAL.DL_ di folder instalasi Windows XP Anda. Default nya adalah “[Abjad drive]:\i386\”. Jika drive DVD Anda adalah “D:” maka alamat default HAL.DL_ nya adalah D:\i386\.
Jika drive DVD Anda adalah “E:” maka alamat default HAL.DL_ nya adalah E:\i386\, dan seterusnya.
Sesuaikan dengan driver CD/DVD Anda.
Anda bisa gunakan perintah “DIR D:\i386\HAL.DL_ [ENTER]” untuk memastikan posisi file HAL.DL_. Jika lokasi file benar, maka akan tampil 1 file HAL.DL_. Jika tidak tampil apapun, silakan ulangi kembali dengan mengubah perintahnya menjadi “DIR E:\i386\HAL.DL_”, “DIR F:\i386\HAL.DL_”, “DIR G:\i386\HAL.DL_”, dst. hingga ada file yang ditemukan. Nah, ketika sudah ketemu, jadikan lokasi tersebut sebagai basis perintah EXPAND di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar